3 Bulan Lebih PIN Google Adsense Tak Kunjung Datang

damas amirul karim - Saya adalah satu satu dari jutaan orang yang telah bergabung bersama Google Adsense sebagai Publisher di dunia ini, tentunya Anda sudah kenal dengan program PPC terbesar di dunia ini. Banyak cara menuju roma, meskipun saya sudah beberapa kali di tolak untuk bergabung mulai dari alasan belum cukup umur sampai alamat tidak sesuai dan juga berbagai alasan lain yang di berikan tim google, akhirnya saya di setujui untuk bergabung sebagai publisher pada akhir tahun 2013 tepatnya bulan oktober. Pada saat itu, saya baru saja lulus dari bangku SMK dan alhamdulilah sudah mendapat pekerjaan. Sebagai anak muda, tentunya saya menginginkan untuk membuka sayap lebar-lebar untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Sebenarnya, beberapa minggu sebelum saya mendaftar akun google Adsense. Saya mendapatkan solusi mudah mendaftar, yaitu dengan menggunakan Partner Youtube. Saya tinggal mendaftar adsense lewat youtube, dan akhirnya akun saya di setujui dalam waktu kurang dari 1 hari. Pada hari selanjutnya, saya mencoba menautkan akun saya ke blog milik saya dan alhamdulilah iklan berhasil di pasang tanpa ada masalah. Pada saat itu, saya sangat senang sekali karena baru pertamakalinya saya memiliki akun adsense. Saya sadar, meskipun dengan bergabung di adsense saya belum bisa menghasilkan tetapi saya percaya dengan terus berdo’a dan berusaha pasti ada jalan.

Penantian bulan pertama – Kedua

Pada bulan maret 2014, akhirnya setelah sekian lama blog saya menghasilkan $10. Ya, tentunya ini bukanlah suatu penghasilan yang besar atau dapat di bilang ini bukanlah penghasilan. Tetapi, bagi saya hal ini sangat berharga karena ini menjadi pengalaman terbaik untuk saya. Penghasilan sepuluh dolar merupakan batas minimal untuk dapat melakukan proses verifikasi. Pada awal bulan, PIN sudah segera di kirim menuju kampung halaman. Sayapun mencari sebuah referensi, seberapa lamakah PIN akan sampai setelah Tukang Pos mengirim ke rumah kita. Pada bulan itu, harapan saya akan kedatangan PIN sangatlah besar. Apalagi saya sudah terbayang untuk segera mengumumkan kabar gembira ini, dan tentunya tidak lupa untuk eksis dengan membuat foto bersama surat dari google. 3 minggu telah berlalu, saya semakin khawatir dengan hal ini. Sayapun memutuskan untuk bertanya, kenapa PIN Google Tak Kunjung Datang? Saya sudah mencoba mencari jawabannya di grup dan juga komunitas baik di facebook maupun sosial mendia lainnya. Dan dari survey yang saya simpulkan, memang Ada beberapa Faktor yang menyebabkan PIN Google Adsnese tidak datang.
  1. Alamat Tidak Valid, ya sayapun yakin bahwa pin tidak akan sampai apabila alamat Anda bukanlah alamat asli Anda.
  2. Alamat POS Tidak Lengkap, Ini mungkin kesalahan bagi saya yang ternyata mengakibatkan PIN tak kunjung datang. Saya tidak menuliskan Alamat dengan lengkap. Saya hanya menuliskan alamat seperti hanya yang Anda di KTP. Dan selama 2 bulan ini tidak ada surat datang.
  3. Alamat rumah Anda Tidak dapat Terjangkau oleh Pos Surat, mungkin ini juga menjadi penghambat dari saya karena sebenarnya saya tinggal di sebuah pedesaan yang sepi dan damai. Mungkin hal ini ada benarnya, karena saya pernah juga bergabung di program PPC lokal yang menyuruh saya untuk memverifikasi via pos. Dan Ternyata Pak pos hanya sampai ke kelurahan, terus pak lurah ke rumah saya untuk mengantar surat secara langsung. Nah, saya takut kalau PIN saya hilang di kelurahan.

Penantian Ketiga PIN masih juga tidak kunjung datang

Setelah itu, saya memutuskan untuk mengubah menggunakan alamat kantor tempat bekerja saya. Meskipun begitu, kemungkinan besar surat saya malah nyasar ke pedesaan sekitar karena menurut saya, alamat yang saya berikan kurang begitu lengkap. Dan ternyata benar, Saya diminta untuk menscan KTP saya untuk pengganti dari verifikasi karena pin juga tak kunjung datang (25/06/2014).
Saran untuk Anda yang sedang bergabung dengan adsense, silahkan gunakan alamat yang valid, dan jelas, sehingga pak pos dengan mudah menemukan alamat Anda.